Selamat Datang Di Aku dan Tembalang : Media Berbagi Informasi dan Inspirasi Mahasiswa Kampus Tembalang Let's Join Buat Hidup Semakin Bermakna dengan Berbagi ^_^
Latest Updates

Ebook Gratis "Kiat-Kiat Sukses Mendapatkan Beasiswa PPA"

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi Salam Sejahtera untuk kita semua,

Bagaimana kabar perkembangan informasi Anda seputar dunia Tembalang ??? hehe semoga semakin baik dan lancar aja J

    Jika beberapa waktu yang lalu saya berbicara tentang Tips Hunting Beasiswa serta 3 Jenis Beasiswa Paling Bersahabat, kali ini saya akan membahas cukup tuntas yaitu tentang Kiat-kiat untuk mendapatkan salah satu Beasiswa paling bersahabat yang saya ceritakan kemarin yaitu beasiswa PPA. Jika Kamu belum membaca seputar Tips Hunting Beasiswa dan 3 Jenis Beasiswa Paling Bersahabat maka saya anjurkan Anda untuk membacanya dulu. Beberapa bagian yang menjadi kajian kiat-kiat ini adalah penjelasan tentang:
# Seputar beasiswa PPA ,
# Persyaratan-persyaratan,
# Trik cerdas mempersiapkan berkas,
# Trik membuat karya tulis (PKM)
# Trik hemat biaya cetak berkas
     Memang tidak mudah untuk mendapatkan beasiswa ini, dibutuhkan beberapa effort (usaha) yang lebih dari pengusulnya untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Apalagi bagi yang masih awam banget seputar pengetahuan tentang pengajuan beasiswa. Tapi tenang saja saya sudah siapkan sebuah Ebook Gratis yang berisi Berisi Panduan Cerdas Mendapatkan Beasiswa PPA yang dikupas Berdasarkan Pengalaman serta Ditulis dengan Menggunakan Bahasa yang Ringan, Segar, dan Inspiratif  yang akan membantu Anda dalam mendapatkan beasiswa PPA.

Dapatkan ebooknya Di Sini


     Berikut saya berikan sedikit cuplikan pada ebook tersebut pada BAB IV yaitu seputar Trik membuat Karya Tulis (PKM) yang merupakan salah satu syarat utama dalam pengajuan beasiswa PPA.
Selamat Membaca :)

BAB IV
Trik Membuat Karya Tulis (PKM)
               
                Hampir setiap beasiswa saat ini mensyaratkan pembuatan karya tulis atau esaay, dan dalam hal ini sering digantikan dengan keberadaan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Hal ini karena PKM juga merupakan karya tulis yang sedang Nge-Trend saat ini, setiap Kampus-kampus di Indonesia berlomba untuk memenangkan even tersebut. Sehingga dalam pengajuan PPA ini juga disyaratkan untuk membuat PKM. Dalam syarat beasiswa PPA ini, ada baiknya PKM yang anda lampirkan juga anda ajukan untuk mengikuti kompetisi tersebut. Momen ini sangat pas, karena Bulan PKM biasanya di bulan Oktober sedangkan pengajuan beasiswa PPA biasanya awal januari, jadinya pas kan ? J

                Sedikit tips sebelum membuat PKM adalah Anda harus tahu benar tentang pembuatan PKM ini. Hal ini dapat Anda tempuh dengan melakukan hal-hal kecil berikut ini:

a.       Ikuti Seminar2 tentang pelatihan pembuatan PKM
b.      Datang forum-forum diskusi seputar karya ilmiah, biasanya di sela-sela kuliah organisasi riset tiap fakultas pada Rajin ngadain forum kayak gitu. Dateng aja tambah ilmu, tambah temen, tambah ide bikin pkm, dan jangan ragu gabung ke tim-tim pkm dengan kakak tingkat Anda.
c.       Pelajari Panduan PKM terbaru, cermati hal-hal yang menjadi karakteristik pkm tersebut. Dan yang paling penting Belajar dari Para Master dan contoh-contoh PKM yg pernah lolos didanai biar PKM mu tak sekedar syarat akan tetapi benar-benar berkualitas.
d.      Bergabunglah dengan jurusan lain saat menjadi anggota Tim PKM. Keuntungannya adalah dengan semakin banyak kajian ilmu yg digunakan maka karya pkm mu akan semakin berkualitas. Selain itu, jika memang kita belum bisa bikin PKM  maka bergabung menjadi anggota pasif adalah jalan tengah mempunyai karya pkm untuk dijadikan lampiran berkas beasiswa Anda. J
  
    Dapatkan ebook versi lengkapnya di sini. Temukan berbagai penjelasan lengkap tentang kiat-kiat mendapatkan beasiswa PPA dalam Ebook tersebut. Download aja Di Sini 
      Sekali lagi ebook itu gratis dan di tulis berdasarkan pengalaman penulis yang hampir 3 tahun bergelut dengan beasiswa PPA.
     Demikian dulu informasi seputar Kiat-kiat untuk mendapatkan beasiswa PPA. Sebarkan artikel dan ebook ini untuk membantu mereka yang masih minim informasi seputar beasiswa. “Indahnya Hidup dengan Berbagi”

Selamat Membaca, dan Selamat Mencoba, J
Salam Sukses,


Anis Faozi

4 Lapangan Sepak Bola yang Recomended Sekitar Kampus Tembalang

Halo-halo Semua,,
Apa kabar hari ini ? semoga sehat dan sukses selalu,, J

Kehidupan menjadi Mahasiswa adalah kehidupan yang panjang dan akan terasa sangat membosankan jika kita hanya melakukan hal-hal yang monoton saja. Maka sudah seharusnya kita harus mengisi kegiatan-kegiatan kita dengan hal-hal yang bermanfaat dan menarik, ya tentunya agar kita menjadi pribadi yang rmanfaat serta menarik J
Menjadi pribadi yang menarik dapat dilakukan dengan beragam cara, misalnya belajar dengan baik, mengikuti organisasi kemahasiswaan, ataupun sekedar melakukan hal-hal kecil yang menjadi hobi Anda. Ya seminimal mungkin dengan Anda melakukan hal-hal yang menarik, maka kehidupan Anda akan menarik. Kebahagiaan pun datang pada diri Anda hingga akhirnya orang-orang disekitar Anda ikut bahagia, karena diri Anda bahagia dulu, hehe
Lakukan saja hobi Mu,,
Jika kamu suka menulis, maka menulislah,,,
Jika kamu suka bermain gitar, maka bermainlah dan kembangkan terus,,
Jika Kamu suka sepak Bola, maka bermainlah dan ajak orang-orang terdekatmu untuk menjadi tim kamu, maka tentunya kehidupan kamu akan semakin berwarna dengan orang-orang baru disekitar Kamu,,, hehe
Berikut saya bawakan sebuah informasi seputar Lapangan Sepak Bola yang berada disekitar Kampus Tembalang, yang cocok buat sekedar Bermain bersama teman-teman Kamu, Atau bahkan bisa menjadi rekomendasi Saat Kamu Ingin mengadakan Even Sepak Bola tingkat Mahasiswa misalnya.
Yok,, Cek satu-satu,,,

Yang pertama,,,

# Stadion LPPU
Ini adalah stadion kebanggan Undip. Seperti namanya Spot ini dilengkapi dengan tribun penonton yang luas, tempat parkir yang memadai serta kualitas lapangan yang  baik. Jenis lapangannya merupakan lapangan berumput tipis terkadang berdebu kalau musim kemarau. Stadion ini cocok untuk mengadakan even-even kompetisi Bergengsi seperti LIga antar Angkatan, antar  Jurusan, dsb. Selain itu stadion ini juga sering dipakai untuk latihan tim sepak bola Undip Junior. 




Gambar 1. Stadion Undip



Yang Kedua,,,

# Lapangan Sumur Boto
Lapanga ini terletak di Jalan Bukit Umbul, tepatnya di gang samping timur SPBU Sumur Boto Kecamatan Banyumanik. Rutenya: Jika Kamu datang dari kampus Undip maka kamu cukup ikuti jalan Prof Sudarto arah Ngesrep, sampai di SPBU Sumur Boto, masuk Gang Jalan Bukit Umbul, telusuri Jalan, maka akan terlihat lapangan ini. Jenis Lapangannya merupakan lapangan berumput yang cukup nyaman buat agenda latihan sepak bola, ataupun even sepak bola lainnya yang bersifat bukan kompetisi. Letaknya yang di pinggir jalan utama sehingga cukup strategis serta juga terdekat kedua setelah Stadion LPUU jika diukur jaraknya dari kampus Undip Tembalang.


Gambar 2. Lapangan Sumur Boto


Yang Ketiga,,,,

# Lapangan Telo
Sedikit Berbeda dengan nama lapangan yang lain, lapangan ini memakai salah satu nama umbi-umbian yang dalam bahasa Indonesia berarti Telo = Ketela Pohon. Entah seperti apa dulu kronologinya hingga tercipta nama tersebut, yang jelas lapangan ini cocok untuk latihan dan even-even sepak bola lainnya. Lapangan ini terletak di daerah banyumanik. Rutenya: Jika Kamu beranjak dari Kampus Undip maka kamu cukup ambil arah Ngesrep, kemudian ada pertigaan Tirto Agung (arah perumahan Graha Estetika) ambil kiri, lurus terus belok kanan kemudian belok kiri, ikuti jalan utama, sampai mentok ada pertigaan belok kiri, lurus ada gang bertembok memanjang (kiri jalan) masuk dan pilih gang kedua, maka sampailah Kamu di Lapangan Telo ini. Suasananya nyaman terletak di samping perkampungan sehingga cukup pas untuk kegiatan sepak bola yang sifatnya rame-rame bawa temen banyak. Selain itu tempat parkir cukup luas sepanjang jalan.



Gambar 3. Lapangan Telo


Yang Terakhir,,,

# Lapangan Banyumanik
Lapangan ini merupakan yang terjauh setelah Lapangan Telo jika diukur dari Kampus Undip Tembalang. Terletak di Kecamatan Banyumanik, tepatnnya di Jalan Merbau Timur. Rute : Jika Anda Tahu Masjid Al Muhajirin Banyumanik  (Masjid Besar berwarna Hijau di samping perempatan), maka anda cukup ambil arah timur, lurus terus hingga ada pertigaan kedua (kanan jalan), kemudian masuk. Telusuri jalan sampai ada Gang Jalan Merbau Timur (kiri jalan) kemudia masuk, maka sampailah Kamu di Lapangan ini. Hampir seperti Lapangan Telo akan tetapi tanahnya cukup kurang rata. Tapi boleh lah buat referensi latihan sepak bola bersama teman-teman Anda.


Gambar 4. Lapangan Banyumanik



Demikian 4 Lapangan Sepak Bola yang berada disekitar Kampus Tembalang (walaupun terletak di Kecamatan Banyumanik sih sebagian Besar, hehe) tetapi anak-anak Undip sering kog main-main sepak bola di 4 Lapangan sepak bola tersebut, So Ada baiknya Kamu harus Tau,,, Biar Referensi Tempat maen sepak bola mu semakin banyak, dan Hidup Kamu akan semakin menyenangkan. Dengan demikian semangat untuk meraih kesuksesan semakin baik, dengan kehidupanmu yang bahagia membuat Mood kamu Bagus, sehingga produktivitas kita akan semakin naik.

Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, cek terus Di Aku dan Tembalang dan dapatkan informasi dan inspirasi untuk kita semua.

Semoga bermanfaat, salam sukses,


Anis Faozi

3 BEASISWA YANG PALING BERSAHABAT DENGAN MAHASISWA VERSI AKU DAN TEMBALANG

Halo-halo semua, senang sekali bisa berjumpa lagi dengan Anda walaupun sekedar lewat tulisan, tetapi paling tidak ada yang kita komunikasikan. Terima kasih sebelumnya telah mengunjungi blog saya, dan jangan bosan-bosan mengecek up date –an artikel di blog ini karena saya masih punya banyak artikel yang belum saya terbitkan yang akan membantu Anda dalam menjalankan kehidupan kampus agar kamu tidak cetek informasi seputar kehidupan kampus. 

      Kali ini tentang beasiswa, Namun secara khusus akan kita bahas 3 jenis beasiswa yang paling bersahabat dengan Mahasiswa. Bukannya yang lain tidak menarik atau tidak bersahabat, akan tetapi menurut Aku dan Tembalang yang paling banyak kuotanya serta kemungkinan diterima tinggi adalah 3 Beasiswa ini. Makanya dikatakan paling bersahabat. Siapa sajakah dia ???
Oke langsung saja,,,

Yang pertama adalah,,,

# Beasiswa Bidik Misi
Beasiswa dengan jumlah penerima cukup tinggi di Indonesia, dikelola oleh dikti selain itu fasilitasnya pun cukup lengkap. Selain biaya kuliah, biaya hidup, ada juga biaya pengembangan diri. Untuk mendapatkan beasiswa ini cukup mudah, yaitu syarat utamanya adalah Anda mahasiswa kurang Mampu serta mempunyai prestasi akademik dan non akademik yang tinggi. Pengurusannya pun cukup mudah, untuk yang masih duduk di bangku SMA/se-derajat pengurusan biasanya dibantu oleh Guru BK, jadi prosedur dan mekanisme kita tinggak ikuti. Jika sesi yang melalui sekolah kita tidak lolos, jangan khawatir karena biasanya ada kuota tambahan untuk Bidik Misi Gelombang II, jadi sebenarnya yang Anda butuhkan rajin-rajin cari Informasi, kembangkan sifat Kepo terutama bidang beasiswa, hehe. Lebih bagus lagi jika punya teman yang berada di lembaga kemahasiswaan terutama bidang kemahasiswaan. Secara keseluruhan Bidik Misi mempunyai kuota dan peluang diterima pun cukup tinggi. So selamat mencoba Mendaftar Jangan Sampai telat, karena bidik misi ini pendaftaran dimulai tiap awal tahun ajaran baru.

Selanjutnya,,,

#Beasiswa PPA (Pengembangan Potensi Akademik) / BBM (Bantuan Biaya Mahasiswa)
Beasiswa yang bersahabat satu ini ditujukan untuk mereka yang mempunyai IP diatas 3 khususnya. Karena syarat utama adalah IP nya diatas 3 (IPK min 3,00). Untungnya lagi beasiswa juga bisa bertahan sampai semester 7 maksimal. Kuota PPA dan BBM undip mencapai 2400 mahasiswa untuk tahun 2014. Cukup tinggi bukan ?? makanya dari sekarang cetak IP sebaik mungkin minimal 3, kemudian apply deh J  tunggu pengumuman, lolos, kan lumayan :D Secara nominal rata-rata mendapat 350rb/bulan yang dibagikan setiap akhir semsester. Pengajuan satu kali berlaku sampai satu tahun (2 semester). Perbedaan mendasarnya adalah kalau BBM harus melampirkan surat keterangan Tidak Mampu dari kantor Kelurahan serta syaratnya IPK cukup 2.50. Mudah Bukan ??? Jadi sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak mendapatkan beasiswa jika kita mau berusaha dan bersungguh-sungguh. Untuk Beasiswa PPA dan BBM memang diperuntukan minimal semester II, akan tetapi biasanya akan terdapat kuota Tambahan untuk Mahasiswa Baru juga, Jadi Mulai dari sekarang Siapkan Berkas-berkas penting Beasiswa pada umumnya untuk antisipasi jika Ada KESEMPATAN tak Terduga Yang TIDAK akan datang DUA KALI 2X.

Dan terakhir,,,

#Beasiswa KSE (Karya Salemba)
Beasiswa yang satu ini mirip dengan BM (Bidik Misi) akan tetapi pengurusannya setelah masuk kuliah yaitu tepatnya minimal semester 2, seleksi dilakukan mulai dari seleksi administrasi, dan wawancara. jika sudah lolos maka Anda akan mendapat tunjangan hidup sebesar 600rb perbulan selama satu tahun dan dapat diperpanjang sampai masa studi selesai. Beasiswa ini juga mempunyai banyak program-program menarik meliputi kegiatan-kegiatan pengembangan diri, bidang kewirausahaan, penelitian, dll. selain itu yang bikin paling bersahabat adalah proses seleksi terbilang tidak sesulit program-pprogram beasiswa unggulan pada umumnya. So, siapkan semua berkas-berkasmu segera, dan daftarkan segera :)

Ya itulah 3 beasiswa paling Bersahabat dengan Mahasiswa Versi Aku dan Tembalang. Mana yang akan Anda Pilih ??? sesuaikan kondisi Anda, Siapkan berkasnya Segera, Selalu Aktif Gerak Cepat, dan Dapatkan Beasiswa Yang Anda Inginkan, Selamat Mencoba :D
Cek terus info menarik lainnya di Aku dan Tembalang.

Semoga Bermanfaat,
Salam Sukses,


Anis Faozi

Tips Hunting Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

Assalamualaikum wr. Wb.

Halo kawan-kawan semua, apa kabar hari ini ? semoga sehat selalu ya J

Untuk kamu wahai Mahasiswa Baru J yang mempunyai Mimpi Besar untuk Menjadi pribadi Yang SUKSES, yang akan membahagiakan orang-orang tercinta dan orang-orang disekitar kalian. Jangan pernah khawatir dengan tantangan ekonomi yang mungkin sering kali membuatmu Ragu dengan Mimpi Besarmu itu. Karena sebenarnya banyak sekali beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, ataupun swasta yang akan membantu meringankan beban ekonomi orang tua. Dan berutungnya masih sedikit Mahasiswa yang tahu tentang mendapatkan beasiswa ini, WALAUPUN sebagian besar dari  mereka sebenarnya juga membutuhkan Beasiswa. Sayang sekali bukan ???


Kali ini saya akan berbagi informasi seputar beasiswa untuk kamu Mahasiswa Baru Undip J. Sebelum itu Anda harus ketahui bahwa beasiswa itu tidak selamanya untuk mereka yang mempunyai ekonomi lemah. Akan tetapi Beasiswa juga diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai prestasi lebih, baik akademik ataupun non akademik. Dan jenis beasiswa ini sering menjadi rebutan serta tantangan tersendiri, karena selain tunjangannya yang banyak (misalnya : biaya kuliah, biaya hidup, fasilitas, biaya pengembangan diri) juga terkadang perusahan menggunakan system kontrak kerja, sehingga setelah lulus kita akan ditempatkan sebagai pegawai di perusahaan tersebut tanpa harus susah nyari pekerjaan setelah lulus. Lumayankan ??? hehe
Berikut adalah beberapa pertanyaan sekaligus tips yang akan membantu anda mencari Beasiswa;
1.       Apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa ?

Jawab:
Yang harus Anda siapkan adalah
a.   Anda mengeerti dan paham benar tentang karakteristik beasiswa yang akan Anda pilih (Secara, beasiswa itu gak boleh dobel, maka harus Anda perhatikan benar, mana yang paling tepat untuk Anda).
b.    Siapkan semua persyaratan administrasi beasiswa. Ini meliputi surat-surat penting biasanya meliputi  Ijazah n SKHUN SMA/se-derajat yang telah dilegalisir, Kartu Keluarga, surat keterangan Gaji Ortu, dll. Ikuti aja semua persyaratan beasiswa karena kita sebagai Pelamar, jangan menyepelekan hal kecil dalam administrasi, karena bisa jadi baru tahap seleksi administrasi kita sudah tidak lolos gara-gara masalah administrasi kelengkapan berkas.
c.   Siapakan kemampuan TPA (tes potensi akademik), bahasa inggris, dan tes psikologi ini bagian yang penting. Biasanya ini diperuntukan bagi beasiswa unggulan.
d.      Tingkatkan kualifikasi diri anda dengan prestasi, organisasi, soft skill, teknik lobbying, public speaking, dll karena akan membuat akan lebih dibandingkan pesaing anda, sehingga peluang anda untuk memenangkan beasiswa semakin tingggi. Maka jangan ragu-ragu untuk menjadi aktivis yang berprestasi akamdemik juga :D

2.       Dimanakah saya bisa mencarari informasi beasiswa yang up to date ???

Jawab:
Yang Jelas saya rekomendasikan adalah
a.       Website Universitas/fakultas/jurusan masing2 bagian kemahasiswaan.
b.   Papan Mading Bagian Kesejahteraan Mahasiswa (hal ini ada jenis beasiswa yang hanya ditempel saja. Karena kebutuhan yang mendesak misalnya).
c.  Website instansi pemerintah seperti Dikti, LPDP, BUMN, Pertamina, dll. Untuk pusat informasi beasiswa di Undip ada di BAK
d.  Untuk Beasiswa swasta dapat Anda lihat di situs-situs resmi seperti Beswan Djarum, Sampurna Foundation, Astra dan Toyota, DLL. Aktif Aja membuka situs-situs tersebut.

3.  Mengapa ya Beasiswa itu secara umum kog mempunyai rentang waktu yang sedikit saat pengumpulan berkas, sementara banyak berkas yang harus kita persiapkan ???

Jawab:
secara resmi  saya tidak tau tentang jawaban yang pasti dari pertanyaan tersebut. Akan tetapi yang namanya beasiswa pasti Si Pemberi mempunyai maksud dan tujuan dari pemberian beasiswa tersebut. Sebagai pihak yang akan menjadi Penerima, maka kita yang harus cerdas menyikapi kondisi ini. Misalnya dengan menyiapkan berkas jauh-jauh hari sebelum deadline pengumpulan berkas. Makanya harus semangat, kalau kita bisa berjuang aan memenangkan persaingan itu, tentu akan menjadikan Anda Puas Bukann ? J

Dari semua penjelasan saya yang panjang lebar diatas, yang terpenting Bagi Kamu yang ingin Sukses mendapatkan beasiswa adalah terangkum dalam 3 RULE berikut.

# RULE 1
Anda Harus Rajin Cari Info Beasiswa (website, madding, seminar beasiswa, dll). Tak peduli kamu Mahasiswa Baru atau Lama. Karena yang menentukan Adalah Perjuangan Anda.

#RULE 2
Anda Harus Tangguh (Jangan lembek oleh keadaan, siapkan semua persyaratan, dan jangan mudah mengeluh)

#RULE 3
Anda Harus mempunyai Attitude yang Baik. Hal ini sepele akan tetapi mempunyai pengaruh besar. Bagaimana Anda membawakan diri Anda terlihat dari attitude Anda J

Sekian dulu yang dapat saya share untuk Kamu semua yang tengah mencari Tips tentang Beasiswa. Saya akan bagikan lagi tips-tips menarik yang akan membantu Anda dalam kehidupan sebagai MAHASISWA Berkualitas Tinggi. Selamat Mencoba J
Jika Anda suka dengan Artikel ini silakan Bagikan kepada teman-teman Anda. Sukses Besar adalah punya mereka yang mampu sukses bersama orang-orang di sekitarnya.

Semoga Bermanfaat,
Salam Sukses,


Anis Faozi

Rute Menuju Kampus Undip Tembalang

Halo selamat Siang Semua Kali ini saya akan bagikan tentang rute menuju “Kampus Undip Tembalang”. Kenapa namanya demikian ya ? emang Undip punya berapa kampus ???
Sedikit bercerita, hhe  Undip senarnya mempunyai dua kampus yaitu Kampus Pleburan (Semarang bawah=Semarang kota) dan kampus Tembalang (Semarang atas). Dulunya kampus Pleburan di pakai oleh fakultas kedokteran, s2 hukum, ekonomi, dll. Akan tetapi mulai tahun 2011 beberapa fakultas tersebut dipusatkan di Tembalang, dan sampai saat ini semua fakultas telah dipusatka di Tembalang.
                     
       Naah untuk kawan-kawan yang masih bingung, untuk menuju kampus Undip tercinta, kali ini ada beberapa rute yang dapat kalian tempuh dari berbagai penjuru. Yok kita Simak sama-sama:
Jika Anda datang dari arah:

1. BARAT : JAKARTA, BANDUNG, CIREBON, TEGAL, PEKALONGAN
TURUN : TERMINAL MANGKANG/PASAR JRAKAH/KRAPYAK/BUNDARAN KALI BANTENG
Maka Rute ke Kampus UNDIP Tembalang adalah sbb

1. Naik Bus Jurusan Tembalang – Bukit Kencana (PO. Nugroho, Dipo, dll)
2. Langsung ke Tembalang, turun di patung Diponegoro UNDIP
3. Naik Angkot kuning masuk Fakultas sains dan matematika (FSM) Kampus UNDIP Tembalang


2.       TIMUR : PURWODADI

TURUN : TERMINAL PENGGARON
Maka Rute ke Kampus UNDIP Tembalang adalah sbb:
1. Naik Bus Jurusan Pudak Payung-Penggaron ke arah Pudak Payung
2. Turun di Patung Diponegoro UNDIP
3. Naik Angkot kuning langsung ke FSM Kampus UNDIP Tembalang


3.       SELATAN : SOLO/YOGYA/MGL/PURWOKERTO/PURWOREJO/WONOSOBO

TURUN : TERMINAL BANYUMANIK/ SUKUN
Maka Rute ke Kampus UNDIP Tembalang adalah sbb:
1. Naik Angkot Jurusan Pasar Johar atau bus jurusan Terboyo
2. Turun di Patung Diponegoro UNDIP
3. Naik Angkot kuning langsung ke FSM Kampus UNDIP Tembalang


4.       SURABAYA/LASEM/REMBANG/PATI/KUDUS

TURUN : TERMINAL TERBOYO
Maka Rute ke Kampus UNDIP Tembalang adalah sbb:

1. Naik bus jurusan Pudak Payung/Terboyo-Terminal Banyumanik (trayek no. 1)
2. Turun di patung Diponegoro UNDIP
3. Naik Angkot kuning langsung ke FSM Kampus Undip Tembalang

5. STASIUN KERETA API TAWANG
Maka Rute ke Kampus UNDIP Tembalang adalah sbb:
1. Naik Taxi langsung ke Kampus UNDIP Tembalang
2. Angkota jurusan Kaligawe/Terboyo turun di Kaligawe menyebrang naik Bus Jurusan Terboyo-Banyumanik
3. Turun di patung Diponegoro UNDIP
4. Naik Angkot kuning langsung ke Kampus UNDIP Tembalang

6. BANDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI
Maka Rute ke Kampus UNDIP Tembalang adalah sbb:
1. Langsung naik taksi ke kampus UNDIP Tembalang
2. naik BRT Semarang turun di BRT Pasar Karang ayu lalu naik Trans Semarang turun di BRT RS Kariyadi lalu naik Trans Semarang lagi ke Patung Kuda Tembalang
3. Naik Angkot kuning langsung ke FSM Kampus UNDIP Tembalang


     Demikian penjelasan singkat mengenai rute menuju Kampus Undip Tembalang, setelah sampai di sana maka ada baiknya belajar dulu tentang cara adaptasi dengan masyarakat disana. Sudah saya bagikan pada posting sebelumnya TIPS-TIPS ADAPTASI MAHASISWA BARU KAMPUS TEMBALANG.

Semoga Bermanfaat, Cek terus informasi penting dan inspiratif lainnya di Aku dan Tembalang.

Terima kasih,

Salam Sukses,


Anis Faozi

Pesan Celana Trining Sport Mudah, Hemat, dan Cepat

Selamat malam kawan-kawan,, bertemu lagi dengan saya,, hhe

Jika kemaren saya bagikan informasi seputar prioritas kehidupan kampus, kemudian tempat-tempat penting, serta sedikit tips-tips adaptasi selama menjadi mahasiswa baru. Malam ini tidur saya kurang nyenyak, karena ada bagian yang cukup penting yang belum saya share ke kawan-kawan semua, saya pun langsung menuju netbook saya, segera saya nyalakan, kemudian mulai saya ketik (hehe karena datangnya inspirasi tidak datang dua kali J).


Gambar. Contoh Training (Desain disesuaikan dengan kebutuhan Anda)

Ingatan saya mulai tertuju pada sebuah mata kuliah Olah Raga. Salah satu mata kuliah yang didominasi oleh kegiatan out door sehingga membutuhkan pakaian Olah Raga. Jika kaos Olah Raga sudah sediakan maka yang harus disiapkan juga adalah celana olah raga (Celana Trining = celana sport panjang). Untuk celana ini sedikit berbeda dengan dengan kaos. Karena untuk Mahasiswa Undip biasanya mempunyai kaos yang sama, akan tetapi untuk celana trining warnanya disesuaikan oleh warna bendera fakultas masing-masing. Untuk warna Fakultas Hukum (merah), Fakultas Ilmu Budaya (putih), Fakultas Teknik (xxxxxx),  Fakultas Sains dan Matematika (Biru), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (orange), Fakultas Peternakan dan Pertanian (Cokelat), Fakultas Keokteran (hijau), Fakultas Psikologi (xxxxxxx), Fakultas Kesehatan Masyarakat (ungu), dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (ungu). Untuk warna yang ditulis xxxxx saya lupa, hehe untuk jelasnya secara teknis biasanya akan diberitahu oleh dosen masing-masing.

Untuk pembuatan Celana Trining biasanya dikoordinir oleh satu angkatan, ytang desain dan harga sesuai kebutuhan masing-masing jurusan. Disinilah salah satu beda Mahasiswa dan siswa, kita lebih dituntut untuk mandiri. Lalu bagaimana saya menemukan tempat konveksi di Tembalang ?? bagaimana kualitasnya ??? dan harganya kira” berkisar berapa ???

Tenang saja, kali ini saya punya beberapa chanel yang bisa digunakan sebagai tempat pembuatan celana trining. Hehe

Terserah saja kawan-kawan mau nyari dimana, dan dengan kualitas serta harga yang seperti apa ??? Tetapi jika Kamu tertarik untuk memesan dengan saya, nanti akan saya bantu tinggal kita ketemu aja, saya bawakan sampel, kamu bisa lihat sampelnya, kita ambil kesepakatan, udah deal-dealan aja, selesaikan J

Kamu tidak perlu susah nyari-nyari tempat yang anda mugkin belum tahu kondisinya. Kamu juga tidak perlu bersusah payah meluangkan waktu untuk mencari-cari tempat pembuatan tersebut, waktu kuliah Anda juga akan terfokuskan juga. Jadi lebih mudah, hemat, dan Cepat kan J
                Untuk yang tertarik, silakan hub saya via :

1.       Telp/SMS : 089669011577

2.       BBM : 7CCCDF48

        SMS/BBM, Ketemuan, DeaL,,, Mudah kan J

Cukup itu dulu yang saya ingin share, saya akan kembali melanjutkan tidur manis saya ya,,,

Cek terus informasi Penting dan Inspiratif lain di Aku dan Tembalang J

Selamat Malam,

Semoga Bermanfaat, 

Semangat Berbagi,



Anis Faozi

Kuliah, Organisasi, dan Bekerja, Mana Prioritasmu ?

Halo,, Selamat Sore semua,,,

Salam Sejahtera untuk Kita semua,,, J

Pada sore yang cerah ini, saya akan berbagi informasi sekaligus berharap semoga dapat menjadi inspirasi bagi kawan-kawan semua. Yah,, minimal semoga bermanfaat bagi diri saya sendiri, karena terlatih terus untuk menulis, hehe,,,  


Kali ini tentang Prioritas Seorang Mahasiswa. Namanya saja pengalaman tentunya masing-masing orang mempunyai cara pandang yang berbeda, silakahan dipilih mana yang baik dan silakan ditinggal mana yang buruk, tetapi tetap cek terus informasi seru lainnya di blog Aku   dan Tembalang ini ya, karena saya akan bagikan terus artikel-artikel seputar informasi dan inspirasi bagi kawan-kawan rantau seperti saya, Jauh dari keluarga, jauh dari saudara. J

Setiap orang mempunyai alasan masing-masing dalam memilih sebuah keputusan. Begitu juga dengan keputusan Anda menjadi seorang Mahasiswa, setiap orang juga mempunyai tujuan yang mungkin berbeda tentang tujuan mereka kuliah. “Setiap hidup adalah pilihan, dan setiap pilihan itu menentukan”. Jadi sudah saatnya kita harus bisa menentukan setiap pilhan, dan siap menerima segala konsekuensi dari pilihan tersebut.



Dunia muda / dunia mahasiswa adalah dunianya belajar secara riil, maka disanalah kebanyakan biasanya belajar banyak tentang keahlian-keahlian diluar akademik yaitu melalui organisasi misalnya. Karena organisasi kampus itu lebih independen, ya intinya lebih bebas tetapi tetap menjaga tanggung jawab yang ada. kita lebih diberikan ruang yang luas untuk berkreasi, bersebtuhan dengan semua pihak. Dan tentu akan menambah banyak pengalaman hidup.

Jika kawan-kawan kuliah dan berfokus juga pada kegiatan organisasi, maka berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

1.       Selalu cetak mindset kalian, bahwa “Bukan organisasi yang mengatur Saya, tetapi Sayalah yang mengatur organisasi”. Pastikan semua tugas-tugas kuliah, praktikum, dan kegiatan akademik lainnya aman, meskipun kegiatan organisasi tetap jalan. Jaga selalu kondisi kesehatan, jaga keseimbangan mood, dan belajarlah professional. Di sinilah waktunya belajar management diri.

2.   Pilihlah organisasi yang sesuai dengan visi dan cita-cita Anda. Perhatikan juga orang-orang yang ada didalamnya, jangan memilih organisasi yang anggotanya hanya hura-hura bikin sukanya bikin event besar tetapi tidak ada nilai / esensi lebih.

3. Jangan pernah menyalahkan atau menjadikan Organisasi sebagai alasan penyebab jatuhnya akademik, karena Apa yang sudah anda pilih, maka Anda harus siap dengan konsekuensinya.
Belajar professional ceritanya, hehe

4.  Jang.an pernah setengah-setengah dalam berorganisasi (totalitas), karena jika tidak total maka Anda hanya akan dapet capek, kehilangan waktu, tenaga, uang, dan pikiran. Ingat Pepatah ini “Aktivis itu, makin Aktif makin Tipis (tipis uangnya maksud saya, hehe).

5.   Dengan mengikuti kegiatan organisasi secara total, maka Kualifikasi diri Anda Pasti Meningkat. Tak jarang juga sekelompok pemberi beasisiswa meminta calon penerimanya adalah seorang aktivis.

Jika Kawan-kawan ingin  Kuliah sambil bekerja, maka beberapa hal yang harus Anda perhatikan Adalah;

Pilih jenis pekerjaan sampingan yang tidak menggau perkuliahan, karena kita jauh-jauh dari rumah niat utamanya adalah keuliah. Ada beberapa jenis pekerjaan sampingan yang biasanya sering menjadi rujukan Mahasiswa Baru maupun lama, yaitu:

a.       Menjadi Guru Les (Tentor)
Sekarang banyak sekali bimbingan belajar di daerah Tembalang dan sekitarnya. Ini cukup menjanjikan karena dunia pendidikan tidak pernah ada habisnya, setiap tahun pasti ada pasarnya. Apalagi kalo musim UTS, UAS, UKK, dan UN pasti para tentor laris manis. Hehe,,,, Ada juga teman saya yang jadi guru les via video call, kerenkan :D cukup gunakan teknologi dan jaringan yang kuat bisa juga jadi bisnis. 

b.       Menjadi Penjaga Warnet
Kalo yang satu ini penulis kurang begitu tahu banyak, tetapi hampir sama kyak jadi penjaga toko gitu, tetapi banyak lebihnya yaitu bisa internetan gratis (secara mahasiswa bro, nafsu OL tinggi, hehe). Bisa Ngerjain tugas Kuliah sambil bekerja. De eL el.

c.       Menjadi Pramusaji di Resto-resto
Jangan salah,, kelihatannya sih sepele, tetapi yang satu ini cukup Luamayan buat nambah jajan sendiri dan jajan pacar. Karena resto sekarang ada dimana-mana dan selalu ramai pengunjung. Apalagi kalo pas malam, makin ramai pengunjung, maka makin banyak penghasilan yang adnda dapat. Yang satu ini biasanya juga jd alternative ngisi liburan panjang setelah UAS. 


Akan tetapi jika Kalian focus pada akademik, organisasi, dan juga bekerja, maka pastilah akan sedikit banyak terdapat tantangan-tantangan, baik luar atau dalam diri. Karena Tubuh kita satu, tetapi harus fokus pada 3 hal jelaslah akan terjadi beberapa hal yaitu:

1.       Waktu bermain Anda mungkin  akan berkurang, bahkan hilang (tergantung oganisasinya).
2.       Anda mungkin juga akan jarang pulang ke rumah (kampong halaman).
3.     Dari ketiga fokus biasanya minimal  terdapat satu yg gagal, boleh itu yg bagian akademik, organisasi, ataupun kerja Anda. Tapi saya sarankan dari ketiga pilihan tersebut prioritaskan yang kuliah, hehe

Dan tak perlu risau dengan penjelasan saya diatas, kelihatannya sih susah tapi sebenarnya kalo uda dijalani enak kog, pinter2 aja bagi waktu, hati, tenaga, dan pikiran. Jaga kondisi tubuh Anda. Akan tetapi juga jika kalian mampu sukses untuk semua bidang tentunya akan menjadi sesuatu yang luar biasa. Hehe

Sekian berbagi pengalaman saya kali ini, semoga bermanfaat,

Salam sukses,

Anis Faozi




10 Tempat Penting Yang Wajib diketahui Mahasiswa Baru UNDIP

Halo guys,, Jumpa lagi dengan Saya,, Kali ini saya akan bagikan informasi seputar tempat-tempat penting yang Wajib diketahui oleh Maba alias Mahasiswa Baru disekitar tembalang dan sekitarnya, terutama mahasiswa Undip,,, karena di tempat-tempat inilah beberapa kebutuhanmu berada, So jika suatu saat diperlukan maka kamu harus tahu,,,

Oke langsung saja ya,,, Berikut adalah 10 tempat yang minimal wajib kamu Ketahui di daerah Kampus Tembalang dan sekitarnya ;  

1. Perpustakaan

Tempat yang satu ini merupakan tempat pendukung akademik, karena disinilah tempat kita meminjam buku. Selain itu sejumlah juga dilengkapi dengan Internet sehingga kita bisa berselancar dengan nyaman di dunia maya. Perpustakaan yang wajib kamu ketahui minimal ada 3 yaitu 
a. Perpustakaan Fakultas : terletak di kampus masing-masing sesuai fakultas /jurusan (biasanya koleksi didominasi oleh buku-buku sesuai jurusan yang ada difakultas tersebut).
b. Perpustakaan Undip (Widya Puraya WP) : terletak di pusat kampus Undip Tembalang, sebelah barat Rektorat. WP ini koleksinya lebih lengkap dari pada perpus fakultas. 
c. Perpusda Jawa Tengah : Seperti namanya perpus ini bersifat umum dan tentu koleksinya lebih banyak dari dua jenis perpus diatas. Perpus ini terletak di Jalan Sriwijaya No 29A Semarang Nomor Telepon: 024 8317963 No Fax 024 8440479 (Arah Java Mall -> traffil light setelah java mall belok kiri lurus terus kiri jalan).


Gambar 1. Widya Puraya

Gambar 2. Perpusda Jawa Tengah

2. Stadion LPPU 

Stadion utama Undip ini sering digunakan untuk kegiatan penting, salah satunya adalah untuk Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru. Selain itu juga sering dipakai oleh mahasiswa untuk kegiatan perkuliahan olah raga, kegiatan Liga Sepak Bola (Teknik Cup misalnya), serta kegiatan-kegiatan lain. Selain lapangan sepak bola, sekarang juga dilengkapi dengan lapangan futsal. 






Gambar 3. Stadion LPPU

3. Service English Unit (SEU) Universitas Diponegoro Semarang 

Merupakan sebuah lembaga dibawah naungan Undip di dalam penyelenggaraan Tes Toefl. Setiap Mahasiswa Undip minimal semester 3 harus mempunyai nilai toefl minimal 400, sehingga setiap siswa harus tau tempat ini untuk melakukan tes toefl, karena lembaga inilah yg diakui nilainya oleh undip. Alamat SEU ini terletak di Jl.Hayam Wuruk 3 Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah 50242 Telp. 024-8413883 / 8312420 (di daerah Undip Pleburan, Semarang bawah).

4. GOR Jati diri

GOR Jatidiri Semarang (Stadion Jatidiri) adalah sebuah stadion yang terletak di daerah Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang, Jawa Tengah. Di tempat ini biasanya dipakai oleh mahasiswa undip untuk pelajaran renang pada mata kuliah Olah Raga. Selain sebuah stadion, dalam satu kompleks ini juga terdapat GOR (Gedung Olah Raga), lapangan sepak bola, in line skate track, lapangan tennis, panjat dinding, kolam renang, dan sarana olahraga lainnya.

5. Rumah Sakit

Kondisi orang siapa tahu, kadang sehat kadang sakit, ada baiknya kamu tahu letak rumah sakit yang dekat dengan daerah Tembalang (Semarang).
a. Rumah Sakit Banyumanik  (Jl. Bina Remaja No. 61, Semarang, Jawa Tengah, dari jalan setia budi arah ungaran-semarang ada pertigaan yang deket pom bensin anbil kiri jika dari arah uangaran, ada pertigaan belok kiri lurus terus kiri jalan ada rumah sakit Banyumanik).
b. Rumah Sakit Ellisabeth Semarang (Jl Kawi Raya No 1 Candisari Semarang - 50231 Jawa Tengah – Indonesia).




Gambar 4. Rumah sakit Elisabeth Semarang

6. Kantor Polisi

Karena kejahatan datang bukan sekedar niat, akan tetapi juga nggak sengaja lewat”, maka persiapkan diri anda mempunyai kontak polisi di daerah Tembalang. Adapun alamatnya terletak di Jln Prof Soedharto, arah patung diponegoro menuju kampus undip selatan jalan ( 02470766983).

7. Bank

Bank di daerah Tembalang meliputi BRI, BNI 46, BTN, Mandiri, dan BPD. Secara umum bank ini dapat anda ketahui disepanjang jalan Prof soedarto, semua tergantung pilihan anda karena dalam pembayaran ukt, spp, dll Undip bekerjasama dengan Bank-bank tersebut. 

8. Kantor Pos Tembalang

Terletak di Jl Sirojudin Tembalang Semarang (jalur kampus undip menuju Meteseh)

9.  Kantor Kelurahan dan Kecamatan

Kantor Kelurahan : Jl. Banjarsari 35. Sedangkan Kantor Kecamatan : Tembalang (Jl. Kol.H. Imam Soeparto Tjakrajoedha, SH No.1), Semarang.

10. Toserba (toko serba ada)

Ada banyak pilihan untuk toserba salah satunya adalah Totem (toko tembalang yang terletak di jl Prof Soedarto, SH pertigaan dekat masjid kampus ambil arah selatan, di kiri jalan). Selain itu toko alat tulis juga harus anda ketahui dengan harga yang terjangkau yaitu salah satunya adalah Toko Alat Tulis Sumurboto. Terletak di Jln. Prof. Sudarto, SH No 88 (Jalan Prof. Sudarto, SH No 88), Semarang,Tembalang, Indonesia.

Demikian 10 tempat yang harus diketahui oleh Mahasiswa Baru Undip untuk memperlancar kegaiatan perkuliahan. Jika Anda Merasa artikel ini penting dan menarik, maka silakan  share kepada teman-teman terbaik anda, terutama kawan-kawan rantau Tanah Tembalang 

Cek terus Informasi Penting dan Inspiratif Lainnya di Aku dan Tembalang


Semoga Bermanfaat,
Salam Sukses,


Anis Faozi