Selamat Datang Di Aku dan Tembalang : Media Berbagi Informasi dan Inspirasi Mahasiswa Kampus Tembalang Let's Join Buat Hidup Semakin Bermakna dengan Berbagi ^_^
Latest Updates

Kuliah, Organisasi, dan Bekerja, Mana Prioritasmu ?

Halo,, Selamat Sore semua,,,

Salam Sejahtera untuk Kita semua,,, J

Pada sore yang cerah ini, saya akan berbagi informasi sekaligus berharap semoga dapat menjadi inspirasi bagi kawan-kawan semua. Yah,, minimal semoga bermanfaat bagi diri saya sendiri, karena terlatih terus untuk menulis, hehe,,,  


Kali ini tentang Prioritas Seorang Mahasiswa. Namanya saja pengalaman tentunya masing-masing orang mempunyai cara pandang yang berbeda, silakahan dipilih mana yang baik dan silakan ditinggal mana yang buruk, tetapi tetap cek terus informasi seru lainnya di blog Aku   dan Tembalang ini ya, karena saya akan bagikan terus artikel-artikel seputar informasi dan inspirasi bagi kawan-kawan rantau seperti saya, Jauh dari keluarga, jauh dari saudara. J

Setiap orang mempunyai alasan masing-masing dalam memilih sebuah keputusan. Begitu juga dengan keputusan Anda menjadi seorang Mahasiswa, setiap orang juga mempunyai tujuan yang mungkin berbeda tentang tujuan mereka kuliah. “Setiap hidup adalah pilihan, dan setiap pilihan itu menentukan”. Jadi sudah saatnya kita harus bisa menentukan setiap pilhan, dan siap menerima segala konsekuensi dari pilihan tersebut.



Dunia muda / dunia mahasiswa adalah dunianya belajar secara riil, maka disanalah kebanyakan biasanya belajar banyak tentang keahlian-keahlian diluar akademik yaitu melalui organisasi misalnya. Karena organisasi kampus itu lebih independen, ya intinya lebih bebas tetapi tetap menjaga tanggung jawab yang ada. kita lebih diberikan ruang yang luas untuk berkreasi, bersebtuhan dengan semua pihak. Dan tentu akan menambah banyak pengalaman hidup.

Jika kawan-kawan kuliah dan berfokus juga pada kegiatan organisasi, maka berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

1.       Selalu cetak mindset kalian, bahwa “Bukan organisasi yang mengatur Saya, tetapi Sayalah yang mengatur organisasi”. Pastikan semua tugas-tugas kuliah, praktikum, dan kegiatan akademik lainnya aman, meskipun kegiatan organisasi tetap jalan. Jaga selalu kondisi kesehatan, jaga keseimbangan mood, dan belajarlah professional. Di sinilah waktunya belajar management diri.

2.   Pilihlah organisasi yang sesuai dengan visi dan cita-cita Anda. Perhatikan juga orang-orang yang ada didalamnya, jangan memilih organisasi yang anggotanya hanya hura-hura bikin sukanya bikin event besar tetapi tidak ada nilai / esensi lebih.

3. Jangan pernah menyalahkan atau menjadikan Organisasi sebagai alasan penyebab jatuhnya akademik, karena Apa yang sudah anda pilih, maka Anda harus siap dengan konsekuensinya.
Belajar professional ceritanya, hehe

4.  Jang.an pernah setengah-setengah dalam berorganisasi (totalitas), karena jika tidak total maka Anda hanya akan dapet capek, kehilangan waktu, tenaga, uang, dan pikiran. Ingat Pepatah ini “Aktivis itu, makin Aktif makin Tipis (tipis uangnya maksud saya, hehe).

5.   Dengan mengikuti kegiatan organisasi secara total, maka Kualifikasi diri Anda Pasti Meningkat. Tak jarang juga sekelompok pemberi beasisiswa meminta calon penerimanya adalah seorang aktivis.

Jika Kawan-kawan ingin  Kuliah sambil bekerja, maka beberapa hal yang harus Anda perhatikan Adalah;

Pilih jenis pekerjaan sampingan yang tidak menggau perkuliahan, karena kita jauh-jauh dari rumah niat utamanya adalah keuliah. Ada beberapa jenis pekerjaan sampingan yang biasanya sering menjadi rujukan Mahasiswa Baru maupun lama, yaitu:

a.       Menjadi Guru Les (Tentor)
Sekarang banyak sekali bimbingan belajar di daerah Tembalang dan sekitarnya. Ini cukup menjanjikan karena dunia pendidikan tidak pernah ada habisnya, setiap tahun pasti ada pasarnya. Apalagi kalo musim UTS, UAS, UKK, dan UN pasti para tentor laris manis. Hehe,,,, Ada juga teman saya yang jadi guru les via video call, kerenkan :D cukup gunakan teknologi dan jaringan yang kuat bisa juga jadi bisnis. 

b.       Menjadi Penjaga Warnet
Kalo yang satu ini penulis kurang begitu tahu banyak, tetapi hampir sama kyak jadi penjaga toko gitu, tetapi banyak lebihnya yaitu bisa internetan gratis (secara mahasiswa bro, nafsu OL tinggi, hehe). Bisa Ngerjain tugas Kuliah sambil bekerja. De eL el.

c.       Menjadi Pramusaji di Resto-resto
Jangan salah,, kelihatannya sih sepele, tetapi yang satu ini cukup Luamayan buat nambah jajan sendiri dan jajan pacar. Karena resto sekarang ada dimana-mana dan selalu ramai pengunjung. Apalagi kalo pas malam, makin ramai pengunjung, maka makin banyak penghasilan yang adnda dapat. Yang satu ini biasanya juga jd alternative ngisi liburan panjang setelah UAS. 


Akan tetapi jika Kalian focus pada akademik, organisasi, dan juga bekerja, maka pastilah akan sedikit banyak terdapat tantangan-tantangan, baik luar atau dalam diri. Karena Tubuh kita satu, tetapi harus fokus pada 3 hal jelaslah akan terjadi beberapa hal yaitu:

1.       Waktu bermain Anda mungkin  akan berkurang, bahkan hilang (tergantung oganisasinya).
2.       Anda mungkin juga akan jarang pulang ke rumah (kampong halaman).
3.     Dari ketiga fokus biasanya minimal  terdapat satu yg gagal, boleh itu yg bagian akademik, organisasi, ataupun kerja Anda. Tapi saya sarankan dari ketiga pilihan tersebut prioritaskan yang kuliah, hehe

Dan tak perlu risau dengan penjelasan saya diatas, kelihatannya sih susah tapi sebenarnya kalo uda dijalani enak kog, pinter2 aja bagi waktu, hati, tenaga, dan pikiran. Jaga kondisi tubuh Anda. Akan tetapi juga jika kalian mampu sukses untuk semua bidang tentunya akan menjadi sesuatu yang luar biasa. Hehe

Sekian berbagi pengalaman saya kali ini, semoga bermanfaat,

Salam sukses,

Anis Faozi




0 Response to "Kuliah, Organisasi, dan Bekerja, Mana Prioritasmu ?"

Posting Komentar