Selamat Datang Di Aku dan Tembalang : Media Berbagi Informasi dan Inspirasi Mahasiswa Kampus Tembalang Let's Join Buat Hidup Semakin Bermakna dengan Berbagi ^_^
Latest Updates

Tips-tips Adaptasi Mahasiswa Baru Kampus Tembalang


Selamat Pagi, Salam Sejahtera untuk kita semua,,, J

Selamat Datang saya ucapkan untuk Mahasiswa Baru dari seluruh penjuru Tanah air yang Datang ke tanah Rantau “Tembalang”. Salah satu kota di Semarang dengan pusat pendidikan tinggi di Jawa Tengah yaitu kampus Undip (Universitas Diponegoro), Polines (Poli Teknik Negeri Semarang), dan Unpand (Universitas Pandanaran).

Sebagai bangsa pendatang (Hehe ^-^) sebaiknya kita segera beradaptasi dengan lingkungan sekitar, untuk mempermudah proses kehidupan di Tembalang. Banyak yang harus kita persiapkan untuk beradabtasi di sini (pengalaman nih ceritanya, hehe J) mulai dari lingkungan abiotik yaitu kondisi kampus, kondisi sekitar tempat kos, serta tempat-tempat penting di Tembalang dan sekitarnya, sampai lingkungan biotik yaitu kondisi social beserta adat istiadat masyarakat sekitar Tembalang.


Kali ini saya akan berbagi cerita pengalaman saya seputar kondisi masyarakat di Tembalang untuk kawan-kawan rantau yang hendak menuju Tembalang agar proses adaptasi kalian tidak terlalu lama dan juga agar tidak terlalu kaget ketika kawan-kawan pertama kali hidup di Tembalang. Hehe
Berikut adalah gambarannya:

Masyarakat Tembalang (Semarang) pada umumnya orangnya ramah, baik, dan sebagian besar masih memegang prinsip kebudayaan Jawa Tengah. Selain itu di Tembalang juga dipenuhi para perantau yang berasal dari suku, ras, agama, budaya, dan adat istiadat yang berbeda-beda. Maka ada baiknya kawan-kawan mulai kehidupan kawan-kawan dengan hal-hal kecil berikut ini;

1.  Mulai terbiasalah dengan tegur sapa dan ramah tamah kepada semua orang. Mulai dari Bapak/ibu kost beserta keluarganya, teman-teman kost , bahkan sampai kepada orang-orang disekitar kost (masyarakat sekitar). Hal ini akan membuat anda menjadi pribadi yang hangat dan sopan sesuai dengan kondisi masyarakat Tembalang. Sehingga akan membantu kawan-kawan dalam mempermudah pergaulan dan persudaraan kawan –kawan. “Keluarga tedekat kita saat di rantau adalah orang-orang di sekitar kita” jadi jalinlah hubungan baik dengan semua orang disekitar kita termasuk teman-teman di kampus juga. 

2.  Di situ bumi dipijak, di situ langit dijinjing” dimana kamu berada junjunglah tinggi selalu adat istiadat di tempat tersebut. Mulailah belajar bahasa Jawa dan adat istiadat setempat, cepat atau lambat kehidupan kawan-kawan akan berbaur dengan lingkungan masyarakat Jawa (Tembalang khususnya). Hal ini sepele akan tetapi seperti yang kita tahu bahasa adalah alat komunikasi yang paling utama. Untuk amannya gunakanlah bahasa Indonesia dulu sembari kawan-kawan belajar bahasa jawa.  Saat awal-awal kawan-kawan tidak perlu memaksakan diri untuk bisa berbahasa jawa, kawan-kawan minimal mengerti maksudnya ketika kebetulan nasib membawa Anda bertemu dengan orang yang tidak bisa berbahasa Indonesia, hhe. Akan tetapi saran saya akan sangat baik jika kawan-kawan juga bisa berbahasa jawa dengan baik dan benar (khususnya orang jawa, hehehe  :D).

3.  “Lingkungan Anda mendefinisikan siapa Anda” mulai jalinlah pergaulan dengan semua orang yang mempunyai arah positif bagi kawan-kawan. Di tanah rantau seperti Tembalang ini jelas banyak sekali pilihan hidup yang beragam, mulai pilih dan pilahlah sesuai dengan tujuan awal kawan-kawan ketika menuju Tembalang, jangan sampai tujuan tersebut bias oleh lingkungan pergaulan kawan-kawan. Oh iya,, hati-hati juga terhadap sekelompok orang aneh, yang biasanya akan membawa kawan-kawan dalam gerakan sparatis, terorisme dll. Tapi jangan khawatir, kawan-kawan cukup waspada dan memilih pergaulan yang tepat. Tetap semangat :D

4. Pilih Prioritas Kegiatan kawan-kawan sebagai Mahasiswa Aktiviskah, Kupu-kupukah (kuliah-pulang, kuliah pulang), atau kuliah sambil bekerjakah ??

Khusus pembahasan yang terakhir ini akan Saya sambung lain waktu,,, hehe

Saya akan bagikan lagi pengalaman saya tentang seputar kehidupan sebagai Mahasiswa di daerah kampus Tembalang lain waktu. Semoga dapat membantu kawan-kawan yang baru datang di daerah Tembalang, sehinggga dapat menjadi refresensi bagi kawan-kawan semua.


Semoga bermanfaat, Semangat Berbagi :D


Salam Sukses,

Anis Faozi

0 Response to "Tips-tips Adaptasi Mahasiswa Baru Kampus Tembalang"

Posting Komentar